Subscribe Us

header ads

Tabah Tekuni Youtube, Milenial NTT Ini Kerap Dapat Bonus

Mendengar namanya, mungkin belum terlalu akrab di telinga sebagian milenial NTT. Pemuda asal Alor kelahiran 20 Oktober ini punya hoby mengedit video maupun audio.

Alan sedang bernyanyi di studionya


Tak hanya itu, ia juga diberi talenta tarik suara yang tak kalah dengan penyanyi-penyanyi lainnya. Berkat kreatifitasnya ia juga membuat chanel youtube yang diberi nama Al Production20.

Alan pose bersama Gubernur NTT dalam sebuah acara.


Akun yang dibuat 22 Februari 2016 ini banyak memposting lagu-lagu yang dinyanyikan - baik cover maupun ciptaan - sendiri. Dengan keuletan dan kesabaran, sering ia mendapat bonus  -dari Youtube - berkat lagu-lagu itu. 

Dia adalah Artasyan Laufra. Teman-teman milenial biasa memanggilnya Alan atau di rumah, ia dipanggil - lebih manja - A'an oleh ibunda dan saudarinya.

A'an pose bersama Ibunda terkasih seusai ujian skripsi

Almnus Fisip Administrasi Bisnis Undana yang belum lama ditemui di kediamannya di Jln. Suratim Oesapa ini mengaku, menekuni hoby tak semudah membalikkan telapak tangan. Tak jarang - selain saran- ia mendapat kritik tajam dari para sahabatnya. 

Meski begitu, semuanya dijadikan sebagai dorongan untuk terus maju dan berkarya. Ditanya soal persaingan, ia mengaku, kini di era teknologi, banyak peluang yang bisa dikembangkan, salah satunya melalui Youtube. 

Di NTT, kata dia, sudah ada beberapa Youtube yang sukses. Salah satunya Kumis Production. Ia mengaku, banyak belajar dari kisah-kisah sukses  Youtubers Indonesia dan dunia. 

Jaga Kualitas

Soal kualitas audio dan video, Alan mengaku, semuanya terus dipelajari dan dikembangkan. Tak jarang ia bertanya pada sesama teman youtubers lainnya. "Mengedit audia dan video butuh kesabaran dan ketelitian. Kadang kita harus mendengar dan menontonnya berulang kali," kata putra dari Pdt. Emr. Laufra itu 


Menerima Pesanan Editing

Dari beberapa video yang diupload, lanjut dia, mendapat jumlah tontonan banyak, meski sebatas ribuan orang.  Ke depan, ia berencana tetap menunjukan kualitas editing. Sehingga bisa memantik banyak penonton. 
Alan pose bersama beberapa milenial di sebuah acara

Tak hanya itu, jika kelak dipercaya, ia berencana menerima pesanan editing video ;  weding acara natalan, perjalanan wisata dan lainnya. Menariknya ia juga siap jika ada yang mempercayakannya untuk mengerjakan lagu-lagu yang hendak di-cover milenial kita baik dalam bentuk single maupun album.(rfl)

Post a Comment

0 Comments